Kamis, 29 Desember 2011

SEGARA ANAK, DANAU AIR PANAS RAKSASA



Keajaiban danau Segara Anak di kaldera Gunung Rinjani yang menjadi salah satu danau panas vulkanik terbesar di dunia, mengundang tanda tanya sejumlah ahli. Peneliti Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) serta Université Libre de Bruxelles lalu melakukan penelitian geokimia dan termodinamika di Segara Anak. 




Air permukaan danau yang berada di ketinggian 2.003 meter di atas permukaan laut ini ternyata lebih hangat dibandingkan dengan suhu udara ruang. Temperatur harian air permukaan Danau Segara Anak 20-22 derajat celsius. Suhu air ini jauh lebih hangat dibandingkan suhu ruang yang 14-15 derajat celsius. 



Hasil penelitian, ditemukan adanya air panas (hidrotermal) dari pemanasan dapur magma yang masuk ke Danau Segara Anak. Pasokan air panas ke dalam danau, teridentifikasi adanya komposisi geokimia yang menunjukkan banyaknya unsur hidrotermal, seperti clorid, sodium, potasium, dan sulfat, ungkap Akhmad Solikhin, anggota staf dari PVMBG yang terlibat dalam penelitian tersebut. (KF-vey/kompas)

0 komentar:

© Kang Dadang 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis